Trend Busana Muslim

Perkembangan busana Muslim di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat dibanding keadaan sekitar tahun 70-an, yang  menjadi pemandangan minoritas dalam kehidupan sehari hari dilingkungan masyarakat umum Indonesia.
Dulu jika ada seorang pria atau wanita yang berbusana muslim menjadikan pendapat dimasyarakat bahwa mereka adalah sosok yang fanatisme dan dikaitkan dengan unsur politis.
Situasi dan pendapat yang sebenarnya keliru tersebut telah merubah budaya dimasyarakat kita terhadap cara berpakaian. Coba lihat sekitar tahun 80-an bagaimana cara berpakaian dimasyarakat kita..... model pakaian wanita yang membuka aurat sebaliknya menjadi perkembangan yang pesat dan menjadi trend mulai saat itu. maraknya wanita menggunakan rok pendek dan baju ketat (yang serba minim) mulai disukai dan menjadi trend mode pemandangan biasa dimasyarakat kita yang notabene mayoritas muslim. Padahal kita semua tahu cara berpakaian seperti itu jelas jelas bertentangan dengan aturan muslim.

Surah Al Ahzab: 59 
Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mu'min: " hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka "  Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu.  Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Al-Qur'an:340). 

Surah An Nur: 31
" Katankanlah kepada wanita yang beriman, '" Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak dari padanya.  Dan hendaklah mereka menutup kain kudung ke dadanya, dan jangan menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra suami mereka, atau putra-putra mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.  Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan.  Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung (Al-Qur'an:282)

Sekarang keadaan tersebut telah berubah, bahwa berbusana Muslim sudah dianggap sebagai hal yang biasa dan menjadi populer di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim dan terbesar di dunia. Didukung dengan perkembangan  industri busana Muslim yang berkembang pesat. Konsumen busana Muslim sekarang ini banyak diminati mulai dari anak anak, remaja, dan dewasa sebagai kebutuan primer dalam berpakaian sehari hari dengan busana muslim. 

Berbusana muslim sekarang ini bukan lagi menjadi simbol fanatisme, trend mode, atau dikaitkan dengan unsur politisme, tetapi lebih kepada penyadaran diri tentang batas batas kewajaran cara seorang wanita muslimah dalam mengenakan pakaian sehari hari, menempatkan diri sebagai wanita yang bermartabat dan berharga diri. 

Profil-profil tentang orang yang memproduksi dan mendistribusikan, termasuk konsumen busana Muslim, misalnya perancang mode Muslim, tailor busana Muslim, pemilik toko busana Muslim, Selebritis, Pejabat Negara, Wanita Profesional, Ibu Rumah Tangga, dan Wanita Remaja Indonesia, memberi informasi tentang eksisnya industri  dan konsumen busana Muslim. Cara mengiklankan busana Muslim, melalui majalah, televisi, koran tabloid, dan toko online di internet, dengan jelas memberi kesan bahwa wanita teladan di Indonesia adalah wanita yang berbusana Muslim. 

Dari profil-profil tersebut bisa didapat gambaran yang lebih dari hanya sekedar industri dan konsumen busana Muslim saja, tetapi juga bisa menemukan pikiran wanita yang berbusana Muslim tentang arti berbusana Muslim, motivasi pribadi dalam berbusana Muslim, dan apa maksud wanita teladan di Indonesia.  Semua orang-orang yang diwawancarai menunjukkan bagaimana berbusana menjadi unsur penting identitasnya, dan bagaimana mereka bisa tetap Muslimah yang taat sambil mendapat kesenangan dari praktek aktifitasnya secara populer.

Ikuti artikel menarik lainnya

3 Response to "Trend Busana Muslim"

  1. METRO INCOME says:

    wah.. mantap, saaat Indonesia menjadi contoh dunia..

    setuju Bu... dengan berbusana muslim, dapat mencegah perbuatan Zina dari kaum adam.

    Sarino says:

    Saya sangat setuju dengan pakaian secara islami, karena kita sebagai muslim khususnya para kaum Hawa wajib mengenakan pakaian yang tertutup kecuali wajah dan ke dua tangan, itu dianjurkan oleh Agama......

Poskan Komentar