Masjid Kubah Emas ( Golden Dome Mosque )

Yukkk.... Wisata Religi ke Masjid Dian Al Mahri atau yang disebut Masjid Kubah Emas yang terletak di tepi jalan Raya Meruyung, Cinere di Kecamatan Limo, Depok - Jawa Barat - . Masjid kubah emas ini setiap harinya ramai dikunjungi oleh saudara saudara kita dari berbagai daerah nasional Indonesia bahkan wisatawan mancanegara, karena Masjid ini dibuka untuk umum, tentunya berbagai fasilitas umum juga disediakan, mulai dari parkir motor, mobil pribadi, angkutan umum, toilet, butik muslim, souvenir, rumah makan, dll. sehingga tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau buat kalian yang ingin sekedar beristirahat dan beribadah.
Buat kita yang sibuk dengan aktifitas sehari hari dan ingin menambah keimanan, tidak ada ruginya berganti dengan acara wisata religi untuk refreshing rohani kita.... salah satunya kalian bisa  datang ke masjid Kubah Emas di Depok ini, disini kita bisa beribadah  dan merenung, sujud syukur  kepada Allah SWT...  lumayan kan buat membantu menyegarkan rohani kita.
Tapi ngomong ngomong buat kaum hawa yang ingin datang dan ke Masjid ini harus menutup aurat loh.. (pakaian muslim), dan tentunya buat kalian yang datang pasangan (pasutri) harus rela berpisah sementara saat masuk kedalam masjid.

Menurut sejarahnya masjid ini dibangun oleh Ibu Hj. Dian Maimun Al Rasyid diatas tanah seluas 50 hektar, dengan luas bangunan masjid 60 X 120meter (sekitar 8000 m persegi) yang dapat menampung kurang lebih 20.000 jemaah, dikelilingi dengan taman hias berbagai bunga yang sangat luas dan indah, sehingga menjadikan masjid ini sebagai masjid yang termegah di asia tenggara.

Masjid kubah emas yang diberi nama Masjid Dian Al Mahri ini memiliki 5 kubah emas (yang memiliki arti sebagai rukun Islam), 1 kubah yang paling besar yang mirip kubah taj mahal ini memiliki diameter 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tingginya 25 meter, dan 4 kubah kecil dengan diameter bawah 6 meter, diameter tengah 7 meter, serta tingginya 8 meter. Didalam masjid ini kita bisa lihat lampu gantung  sangat cantik yang diimpor dari Italia dengan berat 8 ton. Design tipologi arsitektur timur tengah dengan ciri kubah menara, ada halaman didalam (yang disebut plaza) dengan detail dekoratif elemen geometris dan obelisk yang memperkuat sebagai ciri ke-Islaman.

Hiasan relief diatas tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat, termasuk pagar dilantai dua dan hiasan kaligrafi langit langit masjid ini.  Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 berlapis bahan prado (sisa emas). Gerbang masuk berupa portal dengan hiasan geometris dan obelisk sebagai ornamen.

Selanjutnya kita bisa lihat 6 menara yang menjulang tinggi 60 meter berbentuk segienam (heksagonal) yang memiliki arti sebagai rukun iman, 6 menara tersebut dibuat dari batu granit abu abu dengan ornamen melingkar yang di impor dari italia. sedangkan interior masjid dengan pilar pilar yang kokoh menjulang tinggi memberikan area ruangan yang agung dan kuat. Ruangan di dalam masjid didominasi warna monokrom krem yang memberikan kesan sebagai ruangan yang tenang dan hangat, dengan bahan marmer dari Turki dan Italia. Pada tengah tengah ruang masjid tergantung lampu kuningan berlapis emas seberat 2,7 ton yang dikerjakan oleh ahli dari Italia.







Buat kalian yang ingin datang rombongan dengan kendaraan pribadi atau Bus sekalipun, jangan khawatir tidak kebagian tempat parkir, karena telah disediakan area parkir segede terminal didalam kompleks masjid tersebut, yang tentunya menambah rasa aman buat kita berkunjung. Halaman parkir yang dipenuhi dengan mobil dan bus dengan plat no kendaraan dari berbagai daerah, Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan dari luar daerah pulau jawa, seriang menghiasi hilir mudiknya kunjungan wisata religi ke Masjid Kubah Emas setiap harinya.


Baca Artikel Menarik Lainnya

3 Response to "Masjid Kubah Emas ( Golden Dome Mosque )"

  1. Anonim says:

    wah wisata religi, mantaps pingin ke mesjid ini next time.

    Hayati Mart says:

    karunia Allah.... Depok punya kebanggaan Religi

    Sholi says:

    subhanallah....harapan yang belum terlaksana, sujud syukur di Masjid Kubah Emas...insyaallah suatu saat nanti...

Posting Komentar