Tips Aman Belanja Via Internet

Jangan Takut Transaksi Online...!!
Setelah lebih dari 3 tahun berkeliling dan melanglang buana diinternet, rasanya saya perlu share sedikit tentang suka duka belanja dan bisnis online. masih ingat dulu ketika partama kali mengenal internet, senengnya kalo lagi browsing kesana kemari, bisa buat email, join disitus sosial, dll. Begitu sekian lama online dan hari harinya hanya terpaku  nongkrong di situs sosial, terpikir untuk belanja dan membuat bisnis online sendiri.
Yahhh... ketika itu sebagai pemula bisnis online tentunya juga banyak suka duka, berbagai situs bisnis online mulai dari paid to click, adsense, affilate marketing, dan internet marketing lainnya saya cobain satu satu, karena bahasa iklan yang begitu menggoda pikiran saya... he..he... mulai join  dari situs yang  gratisan sampai dengan bisnis berbayar, hingga membuat situs bisnis online sendiri.

Well...  maraknya situs bisnis, Multi Level Marketing,  PTC, Bisnis Ebook Tutorial yang booming di Indonesia sampai saat ini, serasa perang kata kata promosi yang begitu menggoda pikiran Anda bukan? Dan realita masyarakat  yang terbentuk sekarang terhadap bisnis online ada 2 macem:

Pertama adalah masyarakat netters yang  percaya dan menikmati bisnis online sebagai penghasilan tambahan hingga merupakan pekerjaan andalan hidup untuk mendapatkan income. Sayapun juga percaya hal ini, karena saya juga sudah menikmati hasilnya, bahwa bisnis yang diadakan secara maya ini telah benar benar memberikan keuntungan.

Kedua, adalah masyarakat netters yang anti terhadap bisnis online, dan orang orang yang termasuk kelompok ini pada umumnya adalah mantan korban penipuan bisnis online, atau janji janji manis bisnis online yang pernah diikuti, termasuk juga mereka yang belum pernah ikut bisnis online tetapi ikut ikutan memvonis bisnis online itu hanya penipuan, karena hasil dari brainwash orang orang yang anti bisnis online, dan sayapun juga percaya ini, bahwa tidak sedikit bisnis online itu yang kegiatannya sebagai  penipuan. Saya juga pernah mengalami penipuan ratusan US dollar dan termasuk percobaan pencurian account paypal tapi untungnya gagal.... Alhamdulillah ya Allah.

Contohnya saya pernah membaca salah satu pengakuan pebisnis online Indonesia, yang mengakui bahwa Ebook yang dijual melalui situsnya adalah Ebook yang tidak bermutu, dan sembarangan menulis, sebagian hasil dari copy paste, tetapi dia hanya mengandalkan bahasa promosi yang disusun begitu menarik perhatian ribuan orang netters Indonesia.... Alhasil..., Ebook yang ditulis asal asalan tersebut laku keras terbeli oleh masyarakat netters Indonesia, terus yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana jadinya konsumen yang telah membeli Ebook tersebut? pastinya akan bergabung ke kelompok dua ini bukan?

Ada beberapa Tips Cara Belanja Aman di Internet :
  1. Cek keberadaan situs bisnis seberapa jauh eksisnya, reputasinya, dan latar belakangnya.(baca di menu bar : ABOUT US, FAQ, TESTIMONI)
  2. Situs Bisnis Online yang baik selalu open id, cek juga masalah ini, (Contact Person, Alamat rumah/kantor, Contact Pengaduan), kalau tidak tercantum id dan alamat, sebaiknya anda hati hati, walaupun bahasa promosinya membuat anda jatuh cinta.
  3. Jangan malu bertanya kepada teman teman netters di situs komunitas & sosial, bagaimana infonya tentang situs bisnis tersebut.
  4. Cek di Search Engine seperti Google, Yahoo, Bing, dll  ( Tuliskan kata kata : Situs ....... adalah Penipuan, SCAM, Fraud), kalau hasil pencarian dari search engine banyak menampilkan tulisan " Situs..... adalah penipuan, Situs.....adalah SCAM, situs..... adalah Fraud, jangan pernah join ke situs tersebut. dan sebaliknya kalau tidak ada info tulisan seperti itu, bisa dipertimbangkan untuk join.
  5. Design Website, biasanya design bisnis online profesional tidak sembarangan memilih design tampilan termasuk bandwith-nya, (contohnya seperti design website Bank, Facebook, Toko Online, dll), tetapi juga, anda jangan hanya melihat penampilan design bagus langsung yakin.
  6. Respon dan Kecepatan pelayanan staff bisnis online tersebut (kalau sudah melenceng dari peraturan yang mereka buat sendiri, berarti situs bisnis tersebut tidak berkembang dengan baik, sehingga pelayanannya juga ogah ogahan.
  7. Baca peraturan bisnis mereka (sayangnya konsumen sangat jarang sekali membaca peraturan bisnis ini) anda bisa cari atau baca di : Disclaimner, Peraturan, FAQ, supaya jangan terjadi  miskomunkasi karena ketidak tahuan kita.
  8. Berikan alamat tempat tinggal sejelas sejelasnya, supaya lebih memudahkan jasa kurir cepat menyampaikan belanjaan anda, kalau perlu cantumkan no. telp anda di paket belanjaan.
  9. Segera konfirmasikan transaksi pembayaran anda melaui email, telp atau sms, supaya belanjaan anda segera di proses.
  10. Gunakan Ebanking, untuk mempercepat proses transaksi, tapi ada pertanyaan dari member, " bagaimana kalau kita ga punya rekening Bank? " solusinya mudah sekali kok... yaitu " buatlah rekening bank..!! "
Ok, selamat belanja, dan mulai sekarang jangan takut belanja via internet, rasanya paling sering saya belanja via online, mulai dari urusan perbankan, beli sotfware, elektronik, pakaian, urusan bayar pajak, sampai dengan kendaraan sudah saya lakukan via online, kalau bicara aman dan ga aman tentang kejahatan, rasanya sekarang ini tindak kejahatan malah lebih ngeri kejahatan di offline (darat) sampe begitu mudahnya melakukan pembunuhan segala, belanja onine adalah salah satu alternatif transaksi aman, disamping ga keluar rumah dan juga mudah mencari perbandingan harga diberbagai situs dan tentunya ga cape muter muter seperti belanja di mall, he..he... kecuali kalau tujuannya mejeng ya harus siap cape deh...

Semoga Bermanfaat

8 Response to "Tips Aman Belanja Via Internet"

  1. Anonim says:

    thanks sist nice info.

    Sabun Sereh says:

    informatif

    wah ini b ukan tips lagi tapi perintah yang menyelamatkan :)

    Putri Busana says:

    Berbagi pengalaman untuk sukses kita semua.
    Salam kenal dan Salam Sukses ...

    Agung Ngurah says:

    Semoga aq selalu dijalan yang benar

    Kang Suroto says:

    Makasih infonya Mbak.. salam kenal

    Admin says:

    Setuju sekali, selain apa yang telah diuraikan diatas, dengan transaksi online bisa menurunkan angka kriminalitas dijalanan. Dan bisa mengembangkan jiwa net-preneur dikalangan masayarakat Indonesia, seperti pemilik blog "muslimah mode" ini, merupakan salah satu net-preneur yang terlahir di indonesia. Mudah-mudahan bisa mendatangkan devisa juga melalui toko online-nya.

    Semoga Sukses

    Hayati Mart says:

    Nice info Bu... lebih save transaksi online, ga perlu keluar rumah, selama ini saya belanja sering kali via online.

Posting Komentar